Bengkel Motor Honda Jogja

Cegah Motor jadi Serasa Gerobak

Cegah Motor jadi Serasa Gerobak

Haloo motorider kali ini saya akan memberi pengetahuan tentang shockbreaker nich. Agar motorider dapat memahi cara perawatan shockbreaker motor para motorider dan motor dari motorider sekalian jadi gak serasa naik gerobak. Yuks kita simak bareng-bareng biar paham ya.

Sebagian dari Produsen sepeda motor pasti  mengutamakan kenyamanan penggunanya. Salah satu perangkat penunjang kenyamanan berkendara adalah shockbreaker. Selain berfungsi sebagai peredam kejut, gunanya shockbreaker baik yang depan maupun belakang juga sebagai agar laju roda tetap stabil yang tentunya bakal mendukung pengendalian.

Tapi yang namanya shockbreaker tentu mengenal usia pakainya juga. Ada kalanya setelah beberapa tahun shockbreaker terasa keras. Tandanya harus diganti. Khusus shockbreaker teleskopik depan, perlu juga nih yang namanya ganti oli shockbreaker.

Usia pakai kendaraan dan jalan yang dilintasi sangat mempengaruhi performa sok depan motor motor kesayangan motorider nih! Makanya harus kenali bagian sok depan bila mulai bermasalah. Karena hal ini berhubungan erat dengan kenyamanan saat riding.

Untuk yang terbiasa melintasi jalan aspal keriting, tentunya sok depan bakal lebih cepat bermasalah. Cirinya bisa dirasakan lewat lari motor kurang stabil saat kecepatan tinggi.

Dan jangan salah, di dalam shockbreaker itu ada olinya motorider. Nah oli ini nggak bakal bisa keluar kalau kondisi sil shockbreaker masih bagus. Tapi kalau shockbreaker ada oli yang meler, kemungkinan bermasalah tuh silnya. Motorider sekalian tidak perlu panik cari shockbreaker baru. Cukup ganti oli shock dan silnya aja kok motorider!

Fungsi sil yang mulai tidak maksimal dalam menahan beban gesek pada shock kalo dibiarkan terlalu lama, kebocoran oli bisa menyebabkan rusak pada as sok. Sebab banyak debu yang nempel pada as sok saat terjadi kebocoran oli. akibatnya pipa teleskopik rawan tergores dan mengharuskan peranti ini ikut diganti baru.

Kalau ada tanda-tanda kebocoran oli shock, jangan ditunda-tunda buat melakukan penggantian sil shockbreaker. Daripada keburu jadi rusak tuh as shockbreakernya. Lagipula, emangnya enak motorider riding dengan shockbreaker yang bermasalah? Rasanya kan kayak naik gerobak tuh motorider!.

Jadi, jangan di nanti-nati ya motorider untuk penggantian sil shocknya agar shock dari motor motorider sekalian tidak terjadi kerusakan yang parah dan harus mengganti shocknya dengan chock yang baru dan yang pasti motor para motorider jadi gak serasa naik gerobak.

Demikian pengetahuan yang dapat saya sampaikan untuk motorider sekalian. Semoga bermanfaat untuk motorider sekalian. Dan tetaplah safety riding dan patuhi rambu-rambu lalu lintas untuk tetap menjaga keselamatan motorider sekalian. Terima Kasih

Leave a Reply

Close Menu
×
×

Cart