Bengkel Motor Honda Jogja

5 Kondisi busi  wajib diketahui bikers untuk persiapan touring

5 Kondisi busi wajib diketahui bikers untuk persiapan touring

Kondisi busi merupakan salah satu persiapan wajib yang kami sarankan untuk dicek sebelum  touring . Hal ini diperlukan agar tidak mengurangi kenyamanan kita pada saat touring. Kebayang g sih, pada saat sedang melaju di daerah yang susah bengkel tiba tiba motor kita ngadat atau rewel dan brebet pada putaran tinggi. Atau setelah kita istirahat dari perjalanan panjang dan siap melaju lagi, tiba tiba mesin susah dihidupkan. Walaupun mungkin kita sudah sediakan cadangan tapi akan lebih nyaman kita persiapkan sebelum berangkat dengan cek kondisi busi. Berikut ini identifikasi kondisi busi berdasarkan warna dan penampakannya. 

kotoran-oleh-karbon

Kotoran oleh karbon

Apa sih yang menyebabkan kondisi busi kita menjadi tertutup karbon? Hasil dari riset Denso pabrikan busi ditemukan penyebab utama adalah kesalahan pemakaian nomor tingkat panas busi. Disamping itu, perlu dicek juga saringan udara yang tersumbat atau kotor. Pada kondisi ini mesin susah dihidupkan, tidak stabil pada kecepatan rendah. Apabila bikers menemui masalah ini langkah yang diambil pertama kali adalah penggantian busi yang setingkat lebih panas (nomor lebih kecil) kemudian lakukan service.

kotoran-oleh-oli

kotoran tertutup oleh olie

Ciri dari busi tertutup kotoran olie akan terlihat busi basah oleh olie dan permukaan insulator dan elektroda tertutup oli. Kotoran olie ini akan menyebabkan mesin motor tidak stabil pada kecepatan rendah dan penambahan kecepata tidak bekerja alias tidak tambah kencang walaupun gas sudah full. Oli yang menutupi busi disebabkan oleh kerusakan piston atau bisa saja karena campuran antara gas bensin dan udara terlalu banyak. Agar touring besok tetap jalan segera ganti atau perbaiki bagian mesin yang rusak lakukan service ringan utk pembersihan karburator agar suplai bahan bakar lebih seimbang.

kotoran-oleh-timah-hitam

KOtoran tertutup oleh timah hitam

Kondisi ini sangat bisa dikenali pada saat kita menambah kecepatan atau pada kecepatan tinggi motor terasa tersendat sendat. Hal ini bisa terjadi karena bahan bakar yang beredar di indonesia menggunakan campuran senyawa timah hitam, sehingga menyebabkan bekas pembakarannya menempel pada busi sehingga saat kecepatan tinggi senyawa itu meleleh dan menyebabkan kebocoran listrik berujung pada kegagalan pembakaran.

kotoran-oleh-endapan

Kotoran oleh endapan

Salah satu penyebab timbulnya endapan yaitu dengan melepas saringan udara. Selain itu penyebab kondisi busi tertutup oleh endapan sisa pembakaran karena penggunaan oli yang tidak sesuai standar pabrikan. Gangguan yang dirasakan adalah motor terasa tersendat pada saat melaju dengan kecepatan tinggi. Cara mengatasi kondisi ini selain mengganti atau membersihkan busi dilanjutkan dengan memasang saringan udara.

panas berlebihan

Apabila busi mengalami hal ini akan terasa tenaga mesin menjadi hilang dan kecepatanpun berkurang. Hal ini akan timbul pada kecepatan tinggi, pendakian yang lama, maupun muatan yang berat. Penyebab dari panas berlebihan karena sistem pendinginan yang kurang baik serta campuran gas dan bensin yang terlalu tipis. Saran kami sesuaikanlah waktu pengapian dan perbaiki sistem pendinginan, kemudian stel ulang dan pembersihan karburator

busi normal

Kondisi Normal

Berikut ini adalah kondisi busi normal atau bagus, bisa dilihat dari perbedaan insulator berwarna coklat atau keabu abuan. Kondisi normal mesin akan mudah dihidupkan kemudian pada putaran rendah maupun tinggi mesin bekerja dengan baik. Agar kondisi busi tetap normal kami menyarankan utk menggunakan part busi asli.

Selain itu disarankan utk rutin melakukan service sesuai dengan standar service AHASS motor

Demikian good bikers semoga touring anda lancar pulang sampai rumah dengan selamat. Have safety ride !!! 

 

kondisi busi, busi normal, busi yang bagus, busi standard honda

Leave a Reply

Close Menu
×
×

Cart